Isal Isal adalah seorang yang sangat penasaran dengan berbagai hal. Senang mencoba suatu hal yang baru dan menyukai berbagai tantangan. Antusias saat melakukan sesuatu dan mengambil pelajaran dari apa yang telah berlalu.

7 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Menyenangkan!

4 min read

cara belajar bahasa inggris

Lagi cari cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan tidak membuat pusing kepala? Kalian datang ke tempat yang tepat!

***

Hai guys, kembali lagi bersama Isal! Gimana kabar kalian semua? Lama enggak update, Isal harap kalian selalu diberikan kesehatan di masa-masa yang sulit seperti sekarang ini. Makanya, stay healthy stay positive, ya!

Isal tau kalian pasti sedang mencari cara untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat, makanya kalian mampir ke artikel ini. Di sini, Isal akan memberikan tips-tips ampuh untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cukup ampuh untuk kebanyakan orang.

Sebenarnya belajar bahasa Inggris itu tidak sulit, selama didasari dengan niat. Isal juga dulu seperti itu, merasa bahwa bahasa Inggris sangat sulit untuk dipelajari hingga akhirnya memutuskan untuk pergi ke Kampung Inggris di Pare, Kediri, selama berbulan-bulan.

Untuk itu, kali ini Isal akan membagikan beberapa cara belajar bahasa Inggris dari nol secara menyenangkan dan bisa kamu lakukan di mana saja!

READ ALSO:

7 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Ampuh

Kalian tentu mengetahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional sehingga sangat perlu dipelajari. Apalagi, untuk kamu yang memiliki target untuk bisa berkuliah di luar negeri, terutama di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, simak baik-baik tentang tips belajar bahasa Inggris yang akan Isal sampaikan. Jangan baca terburu-buru dan jangan membaca di tempat gelap demi kesehatan mata kalian, yah!

1. Belajar dari Film maupun Serial Luar

cara belajar bahasa Inggris secara otodidak
Tonton Film atau Acara Favorit (via Glamour)

Ini tips paling ampuh dan menyenangkan yang ingin Isal beri tau. Kalian tau gak sih bahwa dengan sering menonton film dan series luar, otak serta telinga kita akan terbiasa dengan aksen serta kosakata yang sering digunakan?

Seperti pepatah yang mengatakan “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.” Pelan tapi pasti, otak manusia secara tidak langsung akan familier dengan berbagai kosakata yang sering didengar. Itu pentingnya terus membiasakan diri dengan dialog-dialog berbahasa Inggris di film/serial.

Jika kamu kesulitan menangkap apa yang dibicarakan, kamu bisa memanfaatkan fitur subtitle yang ada. Jangan lupa untuk membuka kamus agar kalian bisa langsung mencari tau apa arti dari kalimat yang tidak terlalu dipahami.

Banyak yang menggunakan film atau serial sebagai cara belajar bahasa Inggris secara otodidak. Kalau kamu memang berniat belajar sendiri, ini adalah salah satu yang bisa kamu lakukan tanpa bantuan orang lain.

2. Membaca Komik Serta Novel Berbahasa Inggris

Mulai dari yang Mudah Dulu (via Unsplash)

Kalau kalian suka membaca, maka buku dan komik sangat Isal rekomendasikan. Sebenarnya untuk pemula yang baru ingin belajar bahasa Inggris dari awal, Isal sarankan untuk lebih membaca komik karena ada visualisasi gambar, sehingga kalian akan lebih mudah paham dengan konteks yang dibicarakan.

Eits, Isal tidak berkata mustahil untuk langsung belajar dari membaca novel Inggris. Terlebih lagi hal ini akan melatih otak untuk berimajinasi secara kreatif. Hanya saja, tentu saja kalian harus menyiapkan niat dan semangat yang kuat agar tidak berhenti membaca novel di tengah jalan.

Ada baiknya kalian menyiapkan buku kosong untuk mencatat kosakata yang tidak kamu pahami tapi sering muncul. Lalu, kamu bisa belajar untuk menyatukan kata-kata tersebut hingga menjadi sebuah kalimat agar bisa lebih memahaminya. Kalau ada kosakata yang tidak kalian ketahui, cek aja di kamus!

3. Belajar dari Berbagai Channel YouTube

cara belajar bahasa Inggris dengan cepat
YouTube Jadi Sarana Belajar yang Menarik (via Rutgers)

Dari jutaan channel Youtube yang ada, kalian pasti akan menemukan channel yang mengajarkan bahasa Inggris secara gratis. Kurang mudah apalagi, nih? Video pembelajaran gratis (selain bayar pulsa untuk kuota nonton), dibawakan secara enak, dan mudah untuk dipahami.

Untuk pemula, Isal sarankan untuk menonton di channel milik orang Indonesia agar kalian lebih mudah memahaminya, seperti channel milik Kendra’s Language School dan Kampung Inggris LC. Jangan lupa subscribe channel yang memberikan ilmu ke kamu, yah!

Kalau kamu merasa sudah cukup bahasa Inggris dan ingin materi pembelajaran yang lebih expert, baru deh kamu coba untuk nonton channel YouTube dari luar negeri seperti BBC Learn English, LinguaMarina, dan Learn English with TV Series. Pembawaan mereka enak banget!

Bisa dibilang, ini adalah cara belajar bahasa Inggris dengan cepat yang paling mudah!

4. Dengarkan Musik 

Coba Pahami Lirik Lagu Favorit (via Incimages)

Mungkin kalian tidak menyadari bahwa mendengarkan musik juga membantumu belajar bahasa Inggris. Padahal, ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa musik dapat membantu pembelajaran bahasa, memahami tata bahasa, menghafal kosakata, serta memperbaiki ejaan kalian.

Isal sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris ketika sedang belajar atau sedang menyelesaikan pekerjaan. Ketika ada lirik yang tidak dipahami, Isal akan langsung segera membuka Google dan mencari lirik dari lagu tersebut. Apalagi, sekarang banyak aplikasi musik yang memiliki fitur lirik di dalamnya.

Bahkan, jika kita mulai banyak memahami bahasa Inggris, tanpa sadar kita mengerti apa yang ingin penyanyi tersebut sampaikan. Di sisi lain, lagu adalah media untuk meluapkan perasaan. Banyak kata-kata yang lebih mudah disampaikan dalam bahasa Inggris daripada bahasa indonesia.

Tentu pemilihan lagu juga berperan penting dalam proses belajarmu. Kalau masih baru mulai, jangan langsung mendengarkan lagu rap yang bertempo cepat dan lirik yang susah ditangkap. Cari lagu-lagu yang bertempo pelan dan easy listening.

5. Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa Inggris secara gratis
Ada Banyak Aplikasi yang Bisa Kamu Gunakan (via Unsplash)

Mengunduh aplikasi belajar bahasa Inggris di smartphone kamu adalah cara yang tepat untuk mempelajari dan mempermudah pemahaman kalian dalam dasar-dasar bahasa Inggris. Coba jujur, dalam satu hari kalian bisa menghabiskan berapa banyak waktu di depan layar smartphone?

Tentu rasanya sayang jika waktu sebanyak itu hanya kita habiskan untuk scrolling media sosial atau nonton YouTube saja. Coba alokasikan waktu tersebut, cukup beberapa menit, untuk belajar bahasa Inggris dengan menggunakan beberapa aplikasi gratis di Play Store maupun App Store.

Ada banyak aplikasi yang menyediakan berbagai tingkat kesulitan. Kalian juga bisa belajar untuk mendengarkan, menulis, hingga membaca dengan tepat. Isal sih menyarankan agar kalian memakai aplikasi Duolingo dan Cake: Lesson updates every day. Ada rekomendasi aplikasi lain?

Cara belajar bahasa Inggris sendiri ini memang cukup mudah dan bisa dilakukan sambil tiduran sekalipun. Apalagi, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara gratis dengan tampilan aplikasi yang memanjakan mata kita.

6. Latihan Dengan Teman/Keluarga

Practice Makes Perfect (via Verywellmind)

Kemungkinan besar, kalian punya seseorang yang sangat pintar berbahasa Inggris. Nah, hal ini akan membuka jalan baru untuk kalian belajar bahasa Inggris. Mintalah mereka untuk mengajari kalian, entah dengan cara mengobrol maupun menonton film bersama.

Lima cara yang Isal sebutkan sebelumnya bisa dibilang hanya berupa teori-teori yang bisa dipelajari sendiri. Namun, ketika harus praktik seperti harus melakukan conversation dengan orang asing, kamu bisa jadi malah gelagapan dan teori yang kalian pelajari jadi menguap begitu saja.

Untuk itu, minta tolonglah ke keluarga atau teman yang jago bahasa Inggris. Latihan conversation dengan mereka untuk mengetahui apakah grammar-mu sudah tepat atau belum. Bisa dibilang, ini adalah cara belajar bahasa Inggris yang efektif.

Mereka juga pasti dengan senang hati akan membagi ilmu ke kalian. Jadi, jangan malu untuk meminta tolong, yah!

7. Mengobrol dengan Orang dari Berbagai Belahan Dunia

Coba Cari Native Speaker (via Epiqglobal)

Last but not least: Langsung praktikkan dengan native speaker. Mengobrol dengan bule akan membantu kalian merasa percaya diri untuk ngomong berbahasa Inggris, sekaligus akan memaksa kalian untuk lebih dalam mempelajari bahasa Inggris agar harga diri tidak jatuh saat diajak ngobrol.

Ada berbagai aplikasi untuk berkenalan dengan orang baru di berbagai belahan dunia. Contoh mudahnya adalah aplikasi Discord. Di sana akan ada banyak orang yang menggunakan bahasa Inggris dalam mengobrol, walau ada risiko kalian akan bertemu dengan stranger yang aneh-aneh.

Aplikasi ngobrol dengan bule lain yang bisa kamu coba adalah HelloTalk dan Tandem. Carilah teman dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan lainnya. Selain bisa belajar bahasa Inggris secara online, kamu juga bakal dapet teman baru!

***

Nah, itulah beberapa cara belajar bahasa Inggris secara mudah dan menyenangkan versi Isal. Menariknya, cara-cara belajar di atas bisa kamu lakukan dari rumah aja, loh! Untuk itu, kalian harus bisa menyemangati diri kalian sendiri dan jangan mudah menyerah ketika belajar bahasa Inggris.

Selama ada niat pasti ada jalan, begitu pula dalam belajar bahasa Inggris. Tidak seperti kata orang yang menyebutkan kalau belajar bahasa Inggris itu menyeramkan, sebenarnya ada banyak cara yang membuat belajar bahasa Inggris begitu asyik dan tidak membosankan.

Isal harap tips-tips di atas akan sangat berguna untuk kalian yang ingin menguasai bahasa Inggris. Isal pamit undur diri, jangan lupa sebarkan artikel ini ke teman-teman kalian, dan sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya. Bye!


Foto Banner: Inlingua Washington DC

Isal Isal adalah seorang yang sangat penasaran dengan berbagai hal. Senang mencoba suatu hal yang baru dan menyukai berbagai tantangan. Antusias saat melakukan sesuatu dan mengambil pelajaran dari apa yang telah berlalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.