9 Cara Belajar Efektif di Rumah, Dijamin Ampuh!

3 min read

Hai guys, gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja, ya! Kita harus bener-bener jaga kondisi kesehatan kita, apalagi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan mengalami penurunan.

Semenjak adanya pandemi ini, banyak aktivitas yang harus dilakukan dari rumah untuk mengurangi potensi penularan. Karyawan terpaksa work from home, pelajar dan mahasiswa diwajibkan untuk belajar dari rumah. 

Proses belajar di rumah tentu sulit dilakukan karena tidak adanya proses tatap muka dengan pengajar dan teman-teman. Mungkin kamu juga termasuk yang mengalami kesulitan tersebut.

Nah, di sini kamu akan mengetahui beberapa tips belajar efektif di rumah yang bisa kamu coba!

9 Cara Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi

Mau sesulit apapun keadaan, belajar tetap menjadi sebuah keharusan bagi seorang pelajar maupun mahasiswa. Apalagi di masa pandemi ini, tuntutan untuk bisa memahami materi dan mengejar ilmu dari rumah adalah hal yang sudah pasti.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, berikut adalah 9 cara belajar yang efektif di rumah selama pandemi!

1. Dimulai dari Diri Sendiri

Berawal dari Niat (Greatmind)

Hampir semua aktivitas harus dimulai dari niat yang kuat, termasuk belajar di rumah. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi susah karena suasana rumah yang sangat berbeda dengan suasana sekolah.

Kamu bisa coba menguatkan niat dengan menentukan apa tujuanmu dalam belajar. Kalau kamu sudah tahu tujuanmu, maka kamu bisa lebih termotivasi untuk belajar meskipun harus dilakukan di rumah.

Setelah kamu mengetahui apa tujuan belajarmu, kemungkinan besar kamu bisa mencintai proses belajar itu sendiri. Ketika kamu melakukan apa yang kamu cintai, kamu akan menikmati setiap prosesnya.

2. Lingkungan Belajar yang Nyaman 

Ruang Belajar Nyaman (Pinterest)

Lingkungan belajar memiliki pengaruh pada kegiatan belajar di rumah. Oleh karena itu, pilihlah tempat atau ruang belajar yang paling nyaman menurutmu. Kalau bisa, pilih satu lokasi yang akan menjadi dedicated space untuk belajar.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kerapian meja belajarmu. Memang, beberapa ilmuwan terkenal memiliki meja yang berantakan. Hanya saja, kita bukan Einstein, sehingga lebih baik kita memiliki meja yang rapi. Saat mejamu rapi, aktivitas belajarmu akan menjadi lebih nyaman. 

Selain itu, siapkan juga alat-alat yang kamu butuhkan dalam belajar seperti buku dan alat tulis. Sesekali belajarlah di luar ruangan untuk menjernihkan otak dan mengurangi stres. Kamu bisa belajar di kafe yang sepi ataupun perpustakaan.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Mengelola Waktu (Freepik)

Salah satu kunci dari belajar efektif di rumah adalah bagaimana kamu bisa mengatur waktumu dengan baik. Hal ini akan meningkatkan produktivitasmu dalam belajar tanpa perlu mengorbankan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Untuk membantu, kamu bisa membuat target harian. Ini akan sangat membantu dalam belajar dan membuat dirimu akan terus termotivasi. Tentukan target-target yang realistis dan tidak berlebihan agar kamu tidak kewalahan untuk menyelesaikannya!

Manajemen waktu yang baik membutuhkan disiplin diri. Kamu harus bisa mengatur dirimu sendiri dengan baik. Tentukan skala prioritas dengan bijak. Jangan lengah, disiplin adalah kunci dalam belajar!

4. Gunakan Teknik Podomoro

Teknik Pomodoro (Medium)

Ada banyak teknik belajar yang bisa kamu terapkan di rumah. Salah satu yang paling terkenal dan sering digunakan adalah teknik Pomodoro. Inti dari teknik ini adalah 25 menit belajar dan 5 menit istirahat. 

Setelah belajar selama 25 menit, luangkan waktu 5 menit untuk beristirahat. Repeat. Teknik ini dapat mengurangi gangguan dan stres ketika belajar. Kita tidak bisa terus-menerus fokus dalam belajar, sehingga dibutuhkan jeda agar stres tidak mengganggu belajarmu.

5. Dengarkan Musik Klasik (atau Lo-Fi)

Musik Klasik (HipWallpaper)

Bosan adalah hal biasa saat belajar, sehingga kita biasanya memilih untuk belajar dengan ditemani alunan lagu. Sayangnya setelah beberapa menit, mulut kita justru asyik menggumamkan lirik lagu dan kehilangan fokus belajar.

Untuk itu, kamu bisa mendengarkan musik klasik untuk menemanimu belajar. Ingat, hanya musik klasik! Lagu hanya akan membuatmu susah berkonsentrasi saat belajar, apalagi kalau lagunya lagu galau dan kamu sedang patah hati, malah jadi ambyar nanti!

Tapi akhir-akhir ini, banyak yang memilih lagu-lagu lo-fi yang banyak tersedia di YouTube maupun platform digital lainnya. Tidak masalah. Selama tidak memiliki lirik, musik apapun bisa membantu proses belajarmu tanpa harus kehilangan konsentrasi.

6. Jaga Kesehatan

Hidup Sehat (Alodokter)

Menjaga kesehatan adalah hal yang dibutuhkan jika kamu ingin belajar dengan efektif di rumah. Semuanya akan jadi sia-sia jika kamu tidak menjaga tubuhmu dengan baik dan akhirnya jatuh sakit.

Untuk itu, jangan lupa untuk sesekali berolahraga agar badan tetap sehat. Perbanyak minum air putih dan cobalah untuk mengatur waktu tidurmu dengan baik. Kebanyakan atau kekurangan tidur tidak baik bagi tubuh karena bisa membuat produktivitas kita berkurang.

7. Jauhkan Gadget

Jauhkan Gadget (Parentology)

Kamu pasti tau kalau gadget seringkali membuat kita tidak fokus belajar. Ada saja notifikasi yang membuatmu ingin mengecek ponselmu. Cara yang paling ampuh untuk menghilangkan distraksi ini adalah dengan menjauhkan gadget dari jangkauanmu.

Mungkin kamu bisa menaruh gadget di tempat yang sulit dijangkau seperti di atas lemari atau minta tolong ke orangtua untuk menyimpannya. Karena membutuhkan effort lebih untuk dilakukan, kamu akan cenderung memilih untuk tetap duduk dan lanjut belajar.

Bagaimana jika proses belajarmu membutuhkan gadget? Gunakan aplikasi yang bisa memblokir aplikasi-aplikasi tertentu di rentang waktu tertentu. Contohnya adalah AppBlock yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store. 

8. Mencatat Materi Online dan Perbanyak Latihan Soal

Catat Materi Daring (Pinterest)

Selama kelas online, cobalah untuk mencatat materi yang disampaikan oleh pengajar. Hindari menulis terlalu banyak, cukup catat poin-poin pentingnya saja. Terlalu banyak mencatat menjadi percuma jika akhirnya kamu tidak mengerti sama sekali.

Kamu juga bisa memperbanyak mengerjakan latihan soal. Aktivitas ini dapat membuatmu lebih paham daripada hanya sekadar mencatat. Jika kamu hanya mencatat tanpa pernah mempraktikkan ilmu tersebut, bisa jadi kamu tidak benar-benar memahaminya.

9. Hindari Multitasking

Hindari Multitasking (The Conversation)

Banyak yang mengira bahwa multitasking adalah hal yang bagus karena kita bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Memang hal ini ada benarnya, tapi multitasking juga bisa berdampak buruk terhadap otak kita.

Multitasking dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat belajar karena kita juga mengerjakan hal lain. Contoh mudahnya adalah menyanyi sambil belajar seperti yang sudah disinggung di atas.

Mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus juga bisa melemahnya memori otak, sehingga memungkinkan kamu akan lebih cepat lupa. Maka dari itu, hindarilah multitasking ketika sedang belajar di rumah.

***

Itulah tadi beberapa cara belajar efektif di rumah selama pandemi yang bisa coba kamu terapkan. Belajar di rumah sudah seharusnya bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan ilmu, apalagi kita diberi kemudahan dalam mengakses internet. 

Perlu diingat kalau belajar memang sebuah keharusan bagi setiap orang. Akan tetapi, jangan terlalu dibebankan juga ke pikiran dan diri sendiri.  Kita harus bisa mengurangi stres dan tekanan di masa pandemi ini agar tetap bisa sehat dan beraktivitas seperti biasa. 

Untuk itu, mengetahui cara belajar secara efektif menjadi kunci agar kita bisa tetap belajar di rumah tanpa perlu menjadi terlalu stres!

Foto Banner: Foundation Education

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *