8 Manfaat Kuliah di Luar Negeri, Bikin Kamu Termotivasi!

4 min read

Hai, guys!!! Pasti tau kan kalau menempuh studi di luar negeri selalu menjadi impian banyak orang? Coba bayangkan bahwa kalian akan keluar dari zona nyaman kalian dan bertemu banyak orang yang berbeda dari kalian, sangat menyenangkan sekaligus menantang, bukan?

Hmm, bagi adik-adik yang sekarang lagi di jenjang SMA/SMK ataupun baru lulus dari bangku kuliah, kalian pasti sedang galau untuk menentukan ke mana kalian harus melanjutkan pendidikan, mau di dalam atau luar negeri.

Tenang, Isal dulu juga merasakan hal itu. Ada begitu banyak tawaran yang menggiurkan untuk terus menempuh pendidikan di dalam negeri, walau pada akhirnya Isal mendapatkan kesempatan untuk berkuliah di negeri Paman Sam.

Adik-adik juga pasti pernah melirik dan mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di luar negeri, kan? Oleh karena itu, di sini kita akan bersama untuk membahas tentang manfaat kuliah di luar negeri!

8 Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Tidak, bukan maksud Isal mengatakan pendidikan di dalam negeri kurang baik. Indonesia pun memiliki banyak universitas berkualitas. Hanya saja bagi isal, kalian tentu akan mendapatkan lebih banyak manfaat saat menempuh studi di luar negeri yang tidak akan kalian dapatkan ketika berkuliah di dalam negeri.

Kalian pasti ingin tau apa saja manfaat kuliah di luar negeri, bukan? Agar lebih termotivasi, berikut 8 manfaat yang akan kamu dapatkan saat berkuliah di luar negeri!

1. Menjadi Lebih Mandiri dan Percaya Diri

Menjadi Lebih Percaya Diri (DR. TC NORTH)

Hidup jauh dari rumah akan mengajarkanmu untuk hidup mandiri. Mungkin dulu saat masih di rumah, kamu masih dimasakkan oleh ibumu. Saat studi di luar negeri, tentu kamu harus bisa masak sendiri dan bertahan hidup di tempat yang asing

Ini menjadi salah satu manfaat tinggal di luar negeri. Jelas tidak mudah, tetapi hal ini termasuk salah satu rintangan yang harus kamu lewati. Homesick sudah pasti akan terjadi, semangat!

Melanjutkan studi di luar negeri juga membantumu untuk membangun rasa kepercayaan dirimu, lho! Kamu harus berkenalan dengan banyak orang yang akan memicu rasa percaya dirimu. Hal ini harus kamu lakukan demi bertahan hidup di negara orang.

2. Budaya Baru, Orang-Orang Baru

Bertemu Orang-Orang Baru (Live Science)

Setiap negara maupun warga negaranya pasti memiliki budaya dan orang yang berbeda-beda. Saat menempuh studi di luar negeri, pasti kamu bisa melihat begitu banyaknya perbedaan budaya dan masyarakat. Hal ini tentu saja membuatmu harus belajar berbagai budaya asing, juga mengenal berbagai orang-orang yang berbeda.

Di sisi lain, hal ini membantumu untuk membangun koneksi dengan berbagai orang. Kampus di luar negeri, terutama yang terkenal, kerap diisi mahasiswa dari berbagai negara. Coba bayangkan kamu akan memiliki kenalan dari berbagai orang dari berbagai negara, pasti seru, kan!

Eits, jangan lupa untuk tetap mengingat budayamu sendiri, yah! Jangan sampai kamu lupa bahwa kamu lahir di Indonesia. Mempelajari budaya negara lain boleh, tapi jangan sampai melupakan apalagi menghina budaya sendiri!

3. Belajar Bahasa Baru

Belajar Bahasa Baru (SMK Telkom Bandung)

Percaya atau tidak, tinggal di negara asing akan membantumu untuk belajar bahasa mereka. Kalau kamu berkuliah di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, mungkin kamu tidak akan terlalu kesulitan. Bagaimana dengan negara lain seperti Jepang, Korea, atau Prancis?

Seperti yang terjadi di Indonesia, tidak semua orang paham dan mengerti Bahasa Inggris. Mereka bangga menggunakan bahasa mereka sendiri sehingga tidak menguasai bahasa lain termasuk Inggris. Hal ini akan memaksa tubuh dan otakmu untuk belajar bahasa asing demi bertahan hidup.

Ini juga akan sangat bermanfaat jika kamu ingin jadi penerjemah misalnya. Jika pun tidak, hal ini tetap akan bermanfaat untuk berkomunikasi dengan banyak orang di tempatmu menempuh studi. Bukankah seorang poligot selalu terlihat keren?

4. Mengetahui Sistem Pendidikan yang Berbeda

Sistem Pendidikan yang Berbeda (The Ithacan)

Kalian tau enggak kalau ternyata sistem pendidikan di Indonesia tidak sama dengan sistem pendidikan di luar Indonesia?

Sistem pendidikan di negara maju tentu berbeda dengan sistem pendidikan di negara berkembang seperti Indonesia. Sistem di negara maju sudah terbukti baik dan berkualitas dikarenakan mereka telah mencetak lulusan-lulusan terbaik hingga membuat negara mereka semakin maju

Dengan sistem yang berbeda ini, kamu bisa mempelajari banyak hal yang berbeda. Cobalah memahami bagaimana cara kerjanya dan (jika mungkin) mengadopsinya untuk di Indonesia sehingga negara kita bisa memiliki sistem pendidikan seperti milik negara maju.

Kalau kamu ingin tau secara langsung bagaimana sistem pendidikan di luar negeri, pastinya kamu harus belajar di luar negeri dulu, kan?

5. Menjadi Lebih Open-Minded

Lebih Open-Minded (Inc. Magazine)

Belajar berbagai budaya dan juga bertemu berbagai orang-orang yang memiliki pemikiran dan latar belakang yang berbeda akan membuat pikiranmu lebih terbuka alias open-minded akan banyak hal.

Saling berusaha memahami budaya dan pemikiran teman-temanmu nanti akan membuatmu paham, bahwa semua orang memiliki pemikiran yang berbeda, juga budaya yang berbeda.

Saat pikiranmu lebih terbuka, hal ini membuatmu menjadi memiliki pandangan yang lebih luas terhadap dunia dan juga mengubah pola pikirmu berubah menjadi lebih baik.

6. Menjelajahi Tempat Baru

Jalan-Jalan (Klook)

Ini nih motivasi kuliah di luar negeri yang paling seru! Saat berada di negara asing, kamu pasti ingin menjelajah berbagai tempat baru, bukan? Tentunya banyak tempat yang harus kamu kunjungi, seperti museum, taman hiburan, maupun wisata alam.

Foto-foto landscape kota-kota besar di luar negeri maupun panorama alam yang selama ini hanya jadi wallpaper laptopmu akan benar-benar kamu kunjungi secara langsung. Ini menjadi salah satu alasan terbesar mengapa mahasiswa ingin kuliah di luar negeri.

Aktivitas ini bisa kamu lakukan di sela-sela kegiatan studimu, sekalian untuk refreshing otak jika jenuh. Kamu juga bisa menambah wawasanmu tentang wilayah yang kamu kunjungi sehingga jika suatu saat kamu mengajak keluargamu jalan-jalan, kamu bisa menjadi tour guide yang baik.

7. Meningkatkan Prospek Karir

Lebih Besar Peluang untuk Diterima (Wall Street English)

Saat mencari kerja setelah studimu selesai, biasanya lulusan luar negeri yang kerja di Indonesia memiliki nilai lebih dan juga menjadi pertimbangan khusus di beberapa perusahaan. Akan tetapi, hal ini tidak menjamin kamu 100% diterima oleh perusahaan, apalagi jika skill-mu standar dan memiliki attitude yang buruk.

Menjadi lulusan luar negeri akan menjadi nilai tambah untukmu, apalagi kalau lulus dari universitas ternama. Setidaknya, perusahaan tau bahwa kamu bisa berbahasa asing dan mampu beradaptasi di tempat baru dengan baik.

Di sisi lain, berbagai pengalaman dan kemampuan yang kamu pelajari di luar negeri akan sangat dipertimbangkan oleh banyak perusahaan. Percaya deh, melanjutkan studi di luar negeri benar-benar meningkatkan prospek karirmu!

8. Menjadi Kebanggaan Tersendiri

Menjadi Kebanggaan Tersendiri (Inc. Magazine)

Studi di luar negeri akan menjadi pengalaman yang berharga juga membanggakan. Bagaimanapun juga, studi di luar negeri akan menjadi kebanggaan tersendiri buatmu. Kamu bisa belajar sekaligus liburan dalam jangka waktu yang panjang dan mempunyai berbagai teman yang berasal dari negara yang berbeda.

Studi di luar negeri juga mengajarkanmu banyak hal dan juga memberikanmu berbagai pengalaman yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di negeri sendiri. Apalagi dengan sistem pendidikan dan kultur yang jelas berbeda dari Indonesia, bisa menyelesaikan studi benar-benar sebuah kebanggaan tersendiri.

Menyelesaikan studi di negara asing bukan hal yang mudah. Begitu banyak tantangan yang harus kamu lewati. Jika kamu bisa menyelesaikan studimu dengan baik, kamu harus bangga dengan dirimu sendiri. Tapi ingat, jangan sampai menjadi orang yang sombong hanya karena menjadi lulusan dari luar negeri!

***

Penjelasan di atas merupakan 8 manfaat yang kamu dapatkan saat kuliah di luar negeri. Jelas ada banyak keuntungan kuliah di luar negeri yang bisa kamu dapatkan.

Isal harap setelah membaca tulisan ini, adik-adik sekalian mau bermimpi dan melanjutkan kuliah di luar negeri. Isal tau hal itu sulit, tapi Isal akan terus mendukung adik-adik sekalian untuk menempuh studi di luar negeri.

Jika pun adik-adik sekalian memilih untuk melanjutkan studi di dalam negeri, Isal akan tetap mendukung kalian! Isal harap adik-adik sekalian juga mendukung isal dengan cara membagikan artikel-artikel di blog ini ke teman-teman kalian! Semoga artikel ini bermanfaat!


Foto Banner: Gallup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *