Apa Itu Beasiswa Bidikmisi atau KIP-Kuliah?

2 min read

Menempuh jenjang pendidikan setinggi mungkin merupakan sebuah impian besar bagi banyak anak di luar sana, apalagi hingga menginjakkan kaki di perguruan tinggi.

Hal ini dikarenakan menyandang gelar sarjana kerap menjadi persyaratan minimum agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Sayangnya tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk belajar di universitas. Tingginya biaya perkuliahan menjadi faktor penghalang utama untuk menempuh pendidikan meraih gelar sarjana, sehingga banyak anak Indonesia memilih untuk mengubur impian mereka.

Untungnya ada banyak beasiswa yang tersedia untuk anak berprestasi, tetapi kurang mampu secara finansial. Salah satunya adalah program Bidikmisi, yang sekarang telah beralih nama menjadi KIP-Kuliah.

Untuk kamu yang sedang mengejar beasiswa ini, berikut penjelasan, persyaratan, dan kapan beasiswa bidikmisi atau KIP Kuliah ini dibuka!  

Taukah Kalian Apa Itu Bidikmisi?

Dimulai dari tahun 2010, Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada calon mahasiswa lulusan SMA atau sederajat yang tidak mampu secara ekonomi.

Tetapi ada info penting, nih! Mulai tahun 2020, program Bidikmisi sudah dihapuskan dan diganti dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Secara esensial, kedua program ini tidak memiliki banyak perbedaan.

Peserta yang ingin mendaftar KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya sama sekali. Mereka akan dibebaskan dari segala biaya pendidikan perguruan tinggi dan mendapatkan uang subsidi biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan yang akan disesuaikan tergantung wilayah masing-masing.

Apalagi, peserta bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan seperti seminar secara gratis. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau KIP-Pintar, secara otomatis kamu akan meringankan beban orang tua, bukan?

Tujuan Bidikmisi Apa, sih?

Sebagai program yang mulia demi memberikan kesempatan belajar untuk anak-anak berprestasi, ada beberapa tujuan pemerintah membuat program Bidikmisi atau KIP-Pintar. Apa saja kira-kira tujuan pemerintah tersebut?

  • Untuk memutus tingginya rantai kemiskinan yang ada di Indonesia
  • Bentuk dukungan dari pemerintah kepada para calon penerus bangsa untuk tetap menyentuh jenjang pendidikan setinggi mungkin tanpa khawatir dengan biaya pendidikan
  • Dengan adanya program Bidikmisi ini, tentunya pemerintah juga berharap bahwa generasi muda bisa membawa indonesia menjadi negara yang lebih maju dan siap berkontribusi membangun Indonesia menjadi lebih baik

Apa Saja Syarat untuk Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi?

Tidak semua orang berhak mendapatkan bantuan dari program Bidikmisi atau KIP-Kuliah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Apa saja?

  1. Siswa SMA/SMK sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya
  2. Memiliki potensi akademik yang baik dan unggul
  3. Memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi dengan didukung dokumen yang sah
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) pada perguruan tinggi

Tata Cara Mendaftar Bidikmisi 2021

Jika kamu merasa telah memenuhi semua persyaratan, selanjutnya kamu perlu mengetahui bagaiaman tata cara mendaftar Bidikimisi atau KIP-Kuliah 2021.

  1. Kamu dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau menggunakan aplikasi KIP-Kuliah yang tersedia di Play Store
  2. Kamu harus melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta memenuhi persyaratan
  3. Setelah proses validasi, kamu akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan
  4. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran KIP-Kuliah, kamu akan memilih proses seleksi yang akan diikuti, baik SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, maupun Mandiri.
  5. Jika calon penerima KIP-Kuliah dinyatakan diterima di peguruan tinggi, harus melakukan verifikasi lebih lanjut oleh pihak perguruan tinggi sebelum diusulkan menjadi mahasiswa penerima KIP-Kuliah

Kapan Pendaftaran Bidikmisi Dibuka?

Untuk kamu yang berminat mendaftar, pendaftaran Bidikmisi atau KIP-Kuliah dibuka mulai 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021. Namun, jadwal pendaftaran bisa berubah sewaktu-waktu. Ada sekitar 200 ribu kuota yang tersedia untuk calon mahasiswa.

Perlu diingat bahwa pemberian bantuan ini memiliki jangka waktu yang terbatas. Jika peserta mengalami keterlambatan kelulusan (seperti S1 lebih dari empat tahun), maka dana bantuannya akan dihentikan.

***

Itulah tadi beberapa info menarik seputar program Bidikmisi atau KIP-Pintar yang bisa kamu coba. Kalau kamu memenuhi syarat, tentu kuliah bukan lagi sekadar angan-angan.

Dengan adanya program ini, belajar di perguruan tinggi bukan lagi hal yang tidak bisa dicapai oleh anak berprestasi yang sayangnya kurang mampu secara finansial.

Pada dasarnya, pendidikan sudah seharusnya menjadi hak setiap manusia, sehingga seharusnya akan ada semakin banyak program-program beasiswa untuk anak yang kurang mampu, tetapi memiliki segudang prestasi.

Foto Banner: AFSCME

Indonesia Covid-19 Cases

Isal
4 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *